Kebiasaan Sehari-hari yang Bisa Atasi Penuaan Dini

0 komentar

img 

Kebanyakan wanita berusia 30an ke atas khawatir mengalami keriput pada wajah mereka, terutama bagian dahi dan sekitar mata. Ternyata, pola hidup Anda bisa membentuk kerut lebih cepat. 

Kerutan pada wajah terjadi karena kulit semakin tua sehingga mengalami perubahan, seperti penipisan lapisan kulit, pengurangan sel-sel lemak, elastisitas menurun dan kemampuan kulit untuk mempertahankan kelembaban berkurang.

Umumnya, wanita paruh baya yang ingin selalu tampak lebih muda menggunakan metode kilat melawaan penuaan, seperti botox, bahkan operasi plastik. Namun, jika Anda tidak ingin melakuka metode bedah plastik tersebut, lantaran takut dengan risikonya, Anda bisa mengurangi tanda-tanda penuaan dengan melakukan kebiasaan-kebiasaan berikut ini, seperti dikutip dari Urbanette.

1. Menggunakan Kaca Mata Bila Perlu
Jangan mamaksa otot-otot wajah untuk membaca tulisan di kertas, komputer, atau laptop Anda. Biasanya, orang yang tidak biasa memakai kaca mata kerap kali harus mengerutkan dahi berkali-kali supaya teksnya terbaca. Otot wajah yang bekerja terlalu keras akan menimbulkan kerutan. Bila mata Anda sudah mulai bermasalah, sebaiknya diperiksakan dan pakai kaca mata yang sesuai. Hal itu membantu otot menjadi lebih santai sehingga mengurangi ketegangan ketika membaca.

2. Tidur yang Cukup
Para ahli menyarankan agar Anda mendapatkan tidur yang cukup untuk mengurangi tanda penuaan. Tidur bisa membantu pertumbuhan Anda serta membuat kulit sehat. Namun, jangan terlalu banyak tidur yang bisa membuat diri Anda malas dan mengakibatkan kerutan. Letakkan bantal ekstra di bawah kepala setiap malam hari supaya tidur Anda lebih berkualitas.

3. Pola Hidup Sehat
Pembentukan kerut juga bisa diakibatkan oleh pola hidup yang tidak sehat, seperti merokok, menyalahgunakan obat, dan minum-minuman keras. Hal tersebut membuat kondisi tubuh tidak terkontrol yang dapat mengubah penampilan fisik secara drastis.

4. Beralih ke Cokelat Panas
Banyak wanita yang tidak bisa lepas dari kopi selama mereka bekerja. Beralihlah dengan minum cokelat. Cokelat tidak hanya membuat Anda mengurangi konsumsi kafein secara berlebihan, tapi bisa bikin kulit semakin halus. Kandungannya juga dapat melindungi kulit dari bahaya radikal bebas dan penuaan dini karena terpaan polusi. Selain itu, cokelat dapat membuat kulit menjadi segar, lembut, dan kencang.

5. Banyak Mengonsumsi Makanan yang Kaya Omega-3
Selain mencegah penyakit jantung dan stroke, makanan yang kaya omerga-3 bisa menghaluskan kulit. Anda dapat mengonsumsi ikan, kenari, minyak biji rami, dan minyak canola yang memiliki asam lemak omega-3. Adapun kedelai yang mengandung isoflavon untuk meningkatkan kolagen dan mengurangi kerutan.

6. Hindari Botox
Botox bisa menghilangkan tanda penuaan dengan cepat karena cairan yang disuntikkan ke dalam kulit berfungsi melumpuhkan otot agar tidak bekerja. Akan tetapi, struktur wajah Anda menjadi tidak terlihat alami, karena pengaruh cairan botoks yang akan membuat wajah tampak selalu tegang. Apalagi jika Anda tidak mencari tahu efek buruk yang bisa saja terjadi setelah botox. 

7. Jangan Terlalu Stres Memikirkan Kerutan
Stres karena bentuk kerutan di wajah dapat membuat garis semakin jelas terlihat. Rawatlah kulit Anda untuk mengurangi penuaan. Jangan terobsesi ingin tampil muda kembali. Percayalah, keriput menunjukkan ketulusan senyum Anda.

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright 2011 Blog Kang Budi.
Blogger Template by Noct. | Distributed by Rocking Templates